Kisah Nabi Adam : Penciptaan Nabi Adam

Posted by Ali Serizawa on Sabtu, 28 Juni 2014

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kisah nabi Adam ketika pertama kali diciptakan, sebagai landasan dari penciptaan manusia di muka bumi.

Nabi Adam As adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT yang Maha Pencipta lagi Maha Memulai. Adapun Asal kejadian diciptakannya Nabi Adam adalah dari tanah yang pada semulanya tanah tersebut berbentuk lumpur.

"Dan sesungguhnya kami telah menciptakan manusia (Nabi Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk." (15/Surah Al Hijr 26)

"Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk." (3/Surah Al Hijr 28)

"... Allah menciptakan Nabi Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: 'jadilah' (seorang manusia), maka jadilah dia." (3/Ali Imran Surah 59)

Setelah Nabi Adam as diwujudkan dalam bentuk yang sebaik-baiknya, lalu ditiupkan ruh kepadanya oleh Allah. Lalu para malaikat diperintahkan oleh Allah supaya bersujud kepada Nabi Adam as. Bersujud di sini berarti menghormati dan memuliakan Nabi Adam as, bukannya berarti sujud menyembah atau memperhambakan diri karena sujud dalam artian ini hanyalah semata-mata kepada Allah yang Maha Pemberi Kemuliaan lagi Maha Pemelihara Keamanan.

"Dan kepada Allah semata bersujud segala apa yang berada di langit dan semua makhluk yang melata di bumi dan (juga) para malaikat, sedang mereka (malaikat tidak menyombongkan diri)." (16/An Nahl Surah 49)

Mendengar perintah Allah Yang Maha Pencipta lagi Maha Mulia, semua makhluk taat, patuh, memberi penghormatan kepada Nabi Adam as dengan bersujud karena diperintahkan oleh Allah SWT.

"Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiaannya, dan telah meniupkan kedalamnya ruh (ciptaan)Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud." (15/Al Hijr Surah 29)

Tetapi iblis dengan sifatnya yang angkuh dan sombong tidak mau bersujud kepada Nabi Adam as, dengan demikian iblis itu tidak taat pada perintah Allah.

"Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: 'sujudlah kamu kepada Nabi Adam', maka sujudlah mereka kecuali iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir". (2/Al Baqarah Surah 34)

"Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Nabi Adam), lalu kami bentuk tubuhmu, kemudian kami katakan kepada para malaikat: 'Bersujudlah kamu kepada nabi Adam, maka mereka pun bersujud kecuali iblis. Iblis tidak termasuk mereka yang bersujud". (7/Al A'raaf Surah 11)

"Maka bersujudlah para malaikat itu semuanya bersama-sama, kecuali iblis. Iblis enggan ikut bersama-sama (malaikat) yang sujud itu". (15/Al Hijr Surah 30-31)

"Dan (ingatlah), tatkala Kami berfirman kepada para Malaikat: 'sujudlah kamu semua kepada Nabi Adam', lalu mereka sujud kecuali iblis. Dia berkata: "Apakah aku akan sujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari tanah?" (17/Al Israa' Surah 61)

"Dan ingatlah ketika kami berkata kepada para Malaikat: 'Sujudlah kamu kepada Nabi Adam', maka mereka sujud kecuali iblis. Ia membakang". (20/Thaahaa Surah 116)

Buku Kisah Nabi yang digunakan dalam penulisan ini:

- K.R.M.T.H. Murdodiningrat, 2012. Kisah Teladan 25 Nabi Dan Rasul Dalam Al-Quran. Yang Menerbitkan Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Kisah Penciptaan Nabi Adam
Gambar Kisah Penciptaan Nabi Adam

Blog, Updated at: 01.40
×

Protect Article By


DMCA.com Protection Status

Artikel ini dilindungi Oleh DMCA. Cantumkan Link Saat Mengkopi