Kisah Nabi Adam : Iblis Diusir Dari Surga

Posted by Ali Serizawa on Sabtu, 28 Juni 2014

Pada kesempatan ini akan diceritakan mengenai kisah iblis diusir dari surga dalam kisah nabi Adam as.

Melihat tingkah perbuatan Iblis yang membangkang tidak mau taat pada perintah Allah untuk sujud kepada Nabi Adam as, maka Allah SWT bertanya pada Iblis tentang apa yang menyebabkan Iblis tidak mau bersujud kepada Nabi adam as.

(Dalam Al-quran: Surah Al A'raaf/ 12) "Allah berfirman: 'Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Nabi Adam) di waktu Aku menyuruhmu?' Iblis pun menjawab: 'Saya lebih baik dibandingkan dia, Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah."

(Dalam Al-quran: Surah Al Hijr/ 32) "Allah berfirman: 'Hai Iblis, apa sebabnya kamu tidak (ikut sujud) bersama-sama mereka yang sujud itu?"


Maka Iblis pun menjawab dengan sangat angkuh dan sama sekali tidak sopan atas pertanyaan Allah SWT. Iblis berkata ia tidak akan bersujud pada Nabi Adam as dikarenakan Nabi Adam as terbuat dari api sedangkan Iblis terbuat dari api yang derajatnya lebih tinggi daripada tanah. Hal ini seperti yang diungkapkan dalam Alquran.

(Dalam Al-quran: Surah Al Hijr/ 33) "Iblis berkata: 'Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau telah menciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk."

(Dalam Al-quran: Surah Shaad/ 76) "Iblis berkata: 'Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku (iblis) dari api, sedangkan dia (Nabi Adam) Engkau ciptakan dari tanah."


Akibat dari pernyataan Iblis yang menentang perintah Allah SWT untuk sujud kepada Nabi Adam as, Allah SWT menghukum Iblis dengan mengusirnya dari Surga. 

(Dalam Al-quran: Surah Al A'raaf/ 13) "Allah berfirman: 'Turunlah kamu dari surga itu, karena kamu (iblis) tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu tergolong orang-orang yang hina."

(Dalam Al-quran: Surah Al Hijr/ 34-35) "Allah berfirman: 'Keluarlah dari surga, sesungguhnya kamu terkutuk dan sesungguhnya kutukan itu tetap menimpamu sampai hari kiamat."

Demikianlah kisah Nabi Adam as, dimana iblis diusir dari surga karena keangkuhannya yang tidak mau menuruti perintah Allah SWT untuk bersujud kepada Nabi Adam as. Akibat dari perbuatan iblis yang membangkang untuk bersujud kepada Nabi Adam as, Iblis pun diusir dari surga oleh Allah SWT.

Buku Kisah Nabi yang dipakai dalam tulisan ini:

- K.R.M.T.H. Murdodiningrat, 2012. Kisah Teladan 25 Nabi Dan Rasul Dalam Al-Quran. Yang Menerbitkan Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Kisah Iblis Diusir Dari Surga
Gambar Kisah Iblis Diusir Dari Surga

Blog, Updated at: 12.12
×

Protect Article By


DMCA.com Protection Status

Artikel ini dilindungi Oleh DMCA. Cantumkan Link Saat Mengkopi