Kisah Nabi Yusuf : Tanda Kenabian Nabi Yusuf as

Posted by Ali Serizawa on Jumat, 04 Juli 2014

Pada Kesempatan kali ini kami akan memaparkan mengenai kisah Nabi Yusuf as. Sebelum kita membahas mengenai kisah Nabi Yusuf as lebih jauh, terlebih dahulu kita harus mengetahui mengenai Asal usul Nabi yusuf as.

Nabi Yusuf as adalah putera ke-12 dari pasangan Ya'cub bin Ishaq bin Ibrahim dan Rahil binti Laban bin Bitawayil bin Nahur bin Azar. Adik kandung Nabi Yusuf as ialah putera bungsu Nabi Yakub as yang bernama Bunyamin. Ibu Nabi Yusuf as meninggal dunia ketika melahirkan si bungsu, atau sering disebut sebagai "seda kunduran" (masuk surga).

Seperti ibunya yang cantik jelita, Nabi Yusuf as sangatlah tampan wajahnya, dan mungkin karena itulah beliau lebih disayang oleh sang ayah yang mengakibatkan kakak-kakaknya cemburu. Ada pula yang mengatakan bahwa beliau amat disayang oleh sang ayah karena kepatuhan dan ketaatan kepada orangtua, serta kebaikan budi pekerti.

Cinta sang ayah semakin bertambah ketika Nabi Yusuf as yang waktu kecil menceritakan mimpi bahwa ada: "sebelas bintang, matahari dan bulan bersujud kepada dirinya".

(QS: Surah Yusuf ayat 4) "(Ingatlah) ketika Nabi Yusuf as berkata kepada ayahnya: "Wahai ayahku, sesungguhnya aku (Nabi Yusuf as) bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku."

Setelah mendengar cerita mimpi tersebut, Nabi Yakub as berpesan pada Nabi Yusuf as agar jangan menceritakan mimpi tersebut kepada kakak-kakaknya. Konon takbir mimpi itu adalah sebelas orang kakak Nabi Yusuf as (sebelas bintang) dan kedua orangtua nabi yusuf as (matahari, ayah dan bulan, ibu) akan datang dan memberikan penghormatan kepada nabi yusuf as. Sang ayah menduga kuat bahwa nabi yusuf as akan menjadi Nabi dan Rasul.

(QS: Surah Yusuf ayat 5) "Ayah Nabi Yusuf as berkata: 'Hai anakku, janganlah kamu (Nabi Yusuf as) ceritakan mimpimu kepada saudara-saudaramu, maka mereka membuat makar (untuk membinasakan)mu. Sesungguhnya syaitan itu ialah musuh yang nyata bagi manusia.'"

Demikianlah kisah Nabi Yusuf as mendapatkan mimpi dari Allah SWT mengenai tanda-tanda kenabian pada nabi Yusuf as.

Sumber: Buku Kisah Nabi Yang Dipakai Dalam Penulisan Ini:

- K.R.M.T.H. Murdodiningrat, 2012. Kisah Teladan 25 Nabi Dan Rasul Dalam Al-Quran. Yang Menerbitkan Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Kisah Nabi Yusuf
Gambar Kisah Nabi Yusuf

Blog, Updated at: 22.14
×

Protect Article By


DMCA.com Protection Status

Artikel ini dilindungi Oleh DMCA. Cantumkan Link Saat Mengkopi