Kisah Nabi Shalih : Mukjizat Nabi Shalih as

Posted by Ali Serizawa on Selasa, 19 Agustus 2014

Pada kesempatan ini akan diceritakan mengenai kisah Nabi Shalih as yang memberi peringatan kepada Kaum Tsamud.

Kaum Tsamud adalah penyembah berhala. Selain Syirik, kaum Tsamud banyak melakukan berbagai macam kemaksiatan, permusuhan dan saling memfitnah di antara sesamanya yang menimbulkan keresahan pada orang lain. Lalu Allah SWT mengutus dari kalangan mereka sendiri yaitu Nabi Shalih as untuk memperbaiki kesesatan mereka, namun Nabi Shalih as malahan didustakan oleh kaumnya sendiri.

Nabi Shalih as memberi nasihat serta mengingatkan tingkah perbuatan kaumnya yang sangat bertentangan dengan norma-norma kemanusiaan dan hukum Illahi. Nabi Shalih as menyeru mereka agar menyembah hanya kepada Allah SWT dan jangan sekali-kali menuruti perintah yang dikeluarkan oleh pemimpin yang Zalim.

Meskipun demikian nampaknya kaum Tsamud tidak menghiraukan peringatan Nabi Shalih as. Mereka menuntut Nabi Shalih as untuk dapat mendatangkan suatu mukjizat untuk membuktikan bahwa Nabi Shalih as ialah seorang Rasul.

Maka turunlah mukjizat Allah SWT yang memerintahkan Nabi Shalih as memukul batu besar dan seketika muncullah seekor onta betina besar yang mengeluarkan air susu. Nabi Shalih as berpesan agar onta tersebut harus dipelihara dengan baik dan jangan sekali-kali diganggu. Mereka yang tidak memenuhi permintaan dari Nabi Shalih as akan mendapat azab yang pedih.

Kemudian Allah SWT memerintahkan Nabi Shalih as supaya memberitahukan kepada kaum Nabi Shalih as tentang pembagian air sumur antara mereka dan onta, yaitu sehari untuk mereka dan sehari untuk onta itu.

Lantaran mereka takut melanggar larangan Allah SWT yang disampaikan oleh Nabi Shalih as, maka Kaum Tsamud memanggil salah seorang yang paling berani dan paling jahat. Ketika orang tersebut datang, ia lalu menebaskan pedangnya dan matilah onta itu.

Lalud datanglah azab dahsyat sesuai dengan janji Allah SWT. Hanya dengan satu gelegar keras mereka hancur lebur seperti daun-daun yang kering layu.

Demikianlah Kisah Nabi Shalih as.

Sumber: Buku Kisah Nabi Yang Digunakan Dalam Penulisan Ini:
- K.R.M.T.H. Murdodiningrat, 2012. Kisah Teladan 25 Nabi Dan Rasul Dalam Al-Quran. Yang Menerbitkan Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Kisah Nabi Shalih as
Gambar Kisah Nabi Shalih as

Blog, Updated at: 23.14
×

Protect Article By


DMCA.com Protection Status

Artikel ini dilindungi Oleh DMCA. Cantumkan Link Saat Mengkopi