Kisah Nabi Nuh : Nabi Nuh as Rasul Pertama penerima Syariat

Posted by Ali Serizawa on Selasa, 15 Juli 2014

Pada kesempatan ini akan diceritakan mengenai kisah Nabi Nuh. Dimana dalam kisahnya Nabi Nuh as Rasul pertama penerima Syariat.

Nabi Nuh as adalah Rasul yang pertama kali menerima Syariat, yakni hukum halal dan haram, dan Nabi Nuh as juga yang pertama kali mendapat tugas dari Allah SWT untuk menjadi khalifah (pemimpin) di muka Bumi. Para nabi sebelum Nabi Nuh as, yakni Nabi Adam as dan Nabi Idris as tidak ada yang menerima wahyu. 

Nama lengkap Nabi Nuh as ialah Nuh bin Lamik (Lamak) bin Matwasyah (Matawaylah) bin Idris bin Yarad bin Mahlayil bin Qanin bin Anwasy bin Syits bin Adam Abuk Basyar (I).

Nabi Nuh as juga yang pertama diantara lima rasul yang mendapatkan predikat "Ulul Azmi", rasul yang berpendirian teguh dan berkemauan kuat dalam melaksanakan perintah Allah SWT. Adapun empat "Ulul 'Azmi" yang berikutnya adalah Nabi Musa as, Nabi Ibrahim as, Nabi Isa as dan Nabi Muhammad SAW.

Selain itu Nabi Nuh as mempunyai masa dakwah yang terpanjang dibandingkan masa dakwah para rasul lainnya. Nabi Nuh as dikaruniahi umur panjang serta merasakan pahit-getir perjuangan menegakkan kalimat tauhid yang lama sekali. Nabi Nuh as berusia terpanjang di kalangan para nabi dan rasul serta banyak menanggung penderitaan yang tak pernah dialami atau ditanggung seorang pun dari para nabi dan rasul.

Meski berbagai cara telah dilakukan oleh Nabi Nuh as, namun hasilnya sangat mengecewakan. Kaum Nabi Nuh as masih menyembah berhala dan terus menerus memusuhi nabi nuh as. Selama 950 tahun Nabi Nuh as diutus sebagai rasul, pengikut Nabi Nuh as kurang dari 100 orang, bahkan ada yang mengatakan hanya sekitar sepuluh hingga empat puluh orang saja.

(QS: Surah Hud ayat 40) "..Dan tidak beriman bersama dengan (Nabi Nuh as) itu kecuali sedikit"

Nabi Nuh as digambarkan sebagai pribadi yang banyak bersyukur dan selalu memuji Allah SWT dalam makan, minum, berpakaian dan dalam semua aktivitasnya. Demikianlah Kisah Nabi Nuh sebagai orang pertama yang menerima Syariat.

Buku Kisah Nabi Yang Digunakan Dalam Penulisan Ini:

- K.R.M.T.H. Murdodiningrat, 2012. Kisah Teladan 25 Nabi Dan Rasul Dalam Al-Quran. Yang Menerbitkan Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Kisah Nabi Nuh as
Gambar Kisah Nabi Nuh as

Blog, Updated at: 18.30
×

Protect Article By


DMCA.com Protection Status

Artikel ini dilindungi Oleh DMCA. Cantumkan Link Saat Mengkopi