Kisah Nabi Ishaq : Kisah Orang Yahudi Tentang Penyembelihan Nabi Ishaq as Tidak Benar

Posted by Ali Serizawa on Minggu, 03 Agustus 2014

Pada kesempatan kali ini akan diceritakan mengenai Kisah Nabi Ishaq as, dimana menceritakan kisah orang yahudi tentang peyembelihan Nabi Ishaq as adalah tidak benar.

Nabi Ishaq as diangkat sebagai Nabi dan Rasul oleh Allah SWT. Selain itu Nabi Ishaq as juga dijadikan oleh Allah SWT sebagai orang yang saleh dan mempunyai keturunan, ada yang baik dan ada pula yang zalim.

Nabi Ishaq as menerima wahyu ilahi agar tunduk dan ta'at kepada Allah SWT, serta menyeru kaumnya agar memperbaiki jiwa mereka dan membersihkan dari gelimang dosa. Nabi Ishaq as menerima syariat (petunjuk) tentang hukum halal dan haram seperti ayahnya Nabi Ibrahim as.

Nabi Ishaq as tergolong orang yang saleh dan dijadikan sebagai pemimpin umatnya, yang mungkin hanya suatu komunitas kecil; yaitu mereka yang ikut berhijrah bersama Nabi Ibrahim as. Nabi Ishaq as menegakkan agama Allah SWT seperti yang dilakukan oleh ayah Nabi Ishaq as yakni Nabi Ibrahim as.

(QS: Surah Al-Anbiyaha ayat 72) "Dan kami telah memberikan kepadanya (Nabi Ibrahim as) Ishaq (Nabi Ishaq as) dan Ya'cub (Nabi Ya'cub as), sebagai suatu anugerah (dari kami). Dan masing-masing kami jadikan orang-orang yang saleh."


Keterangan orang yahudi tentang Nabi Ishaq as dapat dibenarkan selama hal itu dikuatkan oleh Alqur'an. Kisah mereka tentang penyembelihan Nabi Ishaq as tidak benar karena pernyataan mereka bahwa Nabi Ishaq as adalah anak tunggal Nabi Ibrahim as yang sangat dikasihi adalah tidak benar. Tentu sebutan anak tunggal hanyalah pantas untuk Nabi Ismail as karena sang adik Nabi Ishaq as baru lahir setelah empatbelas tahun kemudian. Selain itu dinyatakan bahwa ketika Nabi Ismail as dikorbankan ia sudah dewasa dan sanggup berusaha.

Apalagi ada berita gembira tentang akan lahirnya putra kedua Nabi Ishaq as bahkan sesudah itu akan lahir cucunya, Nabi Ya'cub as. Kenyataan ini agak sulit diterima oleh akal sehat sebagaimana jika orang yahudi berkata Nabi Ishaq as disembelih, sedangkan ia mempunyai anak setelah disembelih. Hal ini yang menyebabkan ketidakbenaran akan perkataan mereka tentang penyembelihan Nabi Ishaq as.

Demikianlah Kisah Nabi Ishaq as dimana penyembelihan Nabi Ishaq as ialah tidak benar adanya.

Sumber: Buku Kisah Nabi yang digunakan dalam penulisan ini:

- K.R.M.T.H. Murdodiningrat, 2012. Kisah Teladan 25 Nabi Dan Rasul Dalam Al-Quran. Yang Menerbitkan Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Kisah Nabi Ishaq as
Gambar Kisah Nabi Ishaq as

Blog, Updated at: 09.14
×

Protect Article By


DMCA.com Protection Status

Artikel ini dilindungi Oleh DMCA. Cantumkan Link Saat Mengkopi