Kisah Nabi Ya'cub : Kembalinya Nabi Ya'cub as dari Perantauan

Posted by Ali Serizawa on Minggu, 03 Agustus 2014

Pada kesempatan ini akan diceritakan mengenai Kisah Nabi Ya'cub as dimana menceritakan kepulangan Nabi Ya'cub as dari perantauan.

Setelah bekerja selama empat belas tahun sebagai pengembala kambing milik pamannya, Nabi Ya'cub as mohon diri untuk kembali ke orangtuanya. Nabi Ya'cub as diizinkan meninggalkan negeri Harran dengan dibekali kambing dalam jumlah sangat banyak. Lalu Nabi Ya'cub as memberitahukan kepada kakak kandungnya Al Aish tentang rencana kepulangan Nabi Ya'cub as. Konon ia telah mempersiapkan hadiah berupa 200 ekor kibas, 20 ekor kambing jantan, 100 ekor kambing betina, 20 ekor biri-biri, 30 ekor onta perahan, 20 ekor sapi jantan, 40 ekor sapi betina, 10 ekor keledai jantan dan 20 ekor keledai betina.

Begitu Al Aish dengan empat ratus orang berjumpa dengan Nabi Ya'cub as adik kandungnya itu segera sujud yang disambut dengan saling peluk melepaskan rasa rindu mereka. Kemudia isteri-isteri anak-anak dan budak-budak Nabi Ya'cub as ikut sujud kepada Al Aish yang sangat haru dan bertanya: "Dari mana engkau mendapatkan mereka ini?" Nabi Ya'cub as pun menjawab: "Mereka adalah orang-orang yang telah dianugerahkan Allah SWT kepada hambamu ini"

Kemudian mereka kembali menuju bukit Sa'id dan ketika melewati Sakhur Nabi Ya'cub as membangun sebuah rumah untuk berteduh. Kemudian ketika melewati Ursyalim kampung Sakhim, Nabi Ya'cub as membeli sebidang tanah milik Syahim bin Jamur dengan seratus ekor kambing betina. Ditempat ini Nabi Ya'cub as mendirikan kemah dan tempat penyembelihan yang diberi nama lel, yaitu Tuhan Israil. Tempat tersebut kelak disebut Baitul Maqdis.

Akhirnya Nabi Ya'cub as tinggal bersama ayahnya Nabi Ishaq as di desa Habrun. Tidak lama kemudian Nabi Ishaq as jatuh sakit dan meninggal. Demikianlah Kisah Nabi Ya'cub as dimana menceritakan kepulangan Nabi Ya'cub as dari perantauan.

Sumber: Buku Kisah Nabi yang digunakan dalam penulisan ini:

- K.R.M.T.H. Murdodiningrat, 2012. Kisah Teladan 25 Nabi Dan Rasul Dalam Al-Quran. Yang Menerbitkan Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Kisah Nabi Ya'cub as
Gambar Kisah Nabi Ya'cub as

Blog, Updated at: 22.30
×

Protect Article By


DMCA.com Protection Status

Artikel ini dilindungi Oleh DMCA. Cantumkan Link Saat Mengkopi